Parkir adalah tempat yang digunakan untuk pemberhentian kendaraan dalam jangka waktu pendek atau lama sesuai dengan kebutuhan pengendara. Sasaran utama dari kebijakan parkir sebagai bagian dari kebijakan transportasi adalah untuk mengendalikan jumlah kendaraan yang masuk ke suatu kawasan, meningkatkan fungsi jalan sehingga sesuai dengan peranannya, dan meningkatkan kelancaran dan keselamatan lalu lintas. Dalam penelitian ini dilakukan survey untuk mengkaji daerah parkir pasar rakyat playen yang dilaksanakan mulai dari pukul 04.30 – 10.00 WIB guna mendapatkan jumlah total kendaraan masuk dan keluar parkir pasar rakyat playen, Penelitian ini tertuju pada mobil pribadi (Lv) dan motor (MC) yang parkir pada kawasan parkir pasar rakyat playen. Berdasarkan analisis data yang telah di lakukan dari pukul 04.30 – 10.00 WIB diketahui bahwa, akumulasi parkir puncak sepeda motor (MC) = 1021 dan mobil (LV) = 145. Volume Parkir sepeda motor (MC) = 932 dan mobil (LV)= 164, Turn over Maksimum untuk sepeda motor (MC) = 5,75 jam dan untuk mobil (LV) = 8,63 jam, Indeks Parkir (IP) untuk sepeda motor (MC) = 1,30 dan mobil (LV) = 1,95, Durasi rata-rata parkir sepeda motor (MC) = 0,67 dan mobil (LV) = 0,65, Kapasitas Statis ruang Parkir Pasar Rakyat Playen untuk sepeda motor (MC) =162 SRP dan untuk mobil (LV) =19 SRP.
Keyword : Parkir, Karakteristik Parkir, Srp (satuan Ruang Parkir),